Memilih Asuransi Kesehatan

//Memilih Asuransi Kesehatan

Memilih Asuransi Kesehatan

Tidak semua orang perlu asuransi jiwa, tapi semua orang perlu asuransi kesehatan.  Resiko sakit bisa menghampiri siapa saja, bahkan mereka yang mengaku merasa sehat-sehat saja.  Mereka yang hanya membutuhkan asuransi kesehatan adalah mereka yang tidak memiliki tanggungan/orang yang bergantung hidup pada mereka.  Namun jika mereka sakit, perlu ada antisipasi agar tidak terjadi kehilangan aset.  Maka asuransi kesehatan menjadi wajib bagi semua orang.

 

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang mengcover rawat inap rumah sakit, pembedahan, biaya dokter kunjungan dan obat-obatan saat rawat inap.  Ada juga yang mengganti kerugian untuk rawat jalan, tapi harganya biasanya mahal.  Ada juga beberapa asuransi yang mengganti kerugian untuk perawatan gigi dan mata, juga melahirkan.  Meskipun asuransi kesehatan dapat dibeli sendiri, ada yang memiliki sistem kartu (cashless) ada juga yang reimburse.  Premi bervariasi berdasarkan fasilitas dan masing-masing perusahaan.

Bagi karyawan perusahaan, biasanya asuransi kesehatan sudah menjadi fasilitas kantor.  Tapi bukan berarti sudah cukup, umumnya fasilitas asuransi tersebut plafonnya berdasarkan jabatan.  Karyawan yang berstatus staf berbeda plafonnya dengan mereka yang sudah menjadi manager.  Freelancer dan pengusaha juga harus memiliki asuransi kesehatan.  Banyak asuransi kesehatan murni yang dijual tanpa melekat pada asuransi jiwa.  Bagaimana memilih asuransi kesehatan yang tepat?

1.  Pemilihan asuransi kesehatan harus sesuai dengan kebutuhan.  Cek rumah sakit di dekat kantor atau dekat rumah, jika seandainya kita harus dirawat, kamar manakah yang sekiranya nyaman?  Kelas VIP atau kelas I?  Lihat harga kamar VIP dan kelas I per malam.  Jika sudah mendapat fasilitas asuransi kesehatan dari kantor, cek plafonnya.  Cocokkah dengan harga kamar VIP atau kelas I?

Harga kamar VIP dan kelas I dapat menjadi standar, karena hal berikut.  Pernahkah mendengar cerita kerabat yang ketika sakit ditolak/dianjurkan mengambil kamar VIP/kelas I dengan alasan kamar lainnya penuh?  Rumah sakit adalah bisnis juga yang memiliki prinsip: jika dapat menjual kamar yang lebih mahal mengapa menjual kamar yang murah?  Atau mungkin kamar-kamar lain juga penuh, jika kebetulan sedang “musim sakit” misalnya demam berdarah.  Maka pilihlah asuransi yang plafonnya cocok dengan Anda.

Anda dapat membeli asuransi kesehatan sendiri untuk tambahan jika plafon asuransi dari kantor tidak cukup.

2.  Pilih asuransi kesehatan yang berdiri sendiri tanpa asuransi jiwa, bagi mereka yang tidak memiliki tanggungan.  Hal ini supaya preminya murah, sehingga tidak membebani cashflow bulanan.  Asuransi kesehatan murni yang berdiri sendiri dapat dicari di perusaahan yang berlabel general insurance.

3.  Bandingkan beberapa produk asuransi, mana yang memberikan manfaat maksimal dengan premi terjangkau.  Kroscek juga dengan rumah sakit dekat rumah/kantor, apakah mereka menerima produk asuransi tersebut.  Beberapa asuransi mungkin di-blacklist oleh rumah sakit karena pembayaran klaim yang lama/tidak lancar, hal ini harus menjadi perhatian juga.

4.  Cek kredibilitas dan track record perusahaan asuransi.  Manfaatkan internet untuk mencari data.

5.  Pelajari polisnya, apa saja yang ditanggung/tidak ditanggung, pelajari bagaimana cara mengklaim asuransinya, apakah dengan sistem reimburse atau kartu, dsb.  Sistem reimburse biasanya lebih murah, namun tentunya kita harus siap dengan dana darurat terlebih dahulu.

 

Jika sudah berkeluarga, Anda dapat membeli asuransi jiwa dengan riders asuransi kesehatan untuk seluruh keluarga termasuk pasangan dan anak-anak.  Namun perhatikan juga plafonnya, jangan sampai membayar premi tinggi tapi tidak sebanding dengan plafon rawat inapnya.  Baca polis dengan seksama dan bertanyalah pada agen/customer care perusahaan asuransi bila ada hal yang mengganjal.  Hindari kesalahan-kesalahan dalam membeli asuransi.

By | 2013-10-18T07:44:22+00:00 October 19th, 2013|Categories: Asuransi|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.