Jasa Perencana Keuangan Independen, Mahalkah?

//Jasa Perencana Keuangan Independen, Mahalkah?

Jasa Perencana Keuangan Independen, Mahalkah?

Banyaknya perencana keuangan independen yang muncul di media dan sering berbagi ilmu perencanaan keuangan membuat pertanyaan ini timbul.  Dengan begitu luasnya ilmu perencanaan keuangan membuat sebagian tidak ingin pusing dan memilih menggunakan jasa independent financial planner (perencana keuangan independen).   Mahalkah menggunakan jasa perencana keuangan?

 

Perencana keuangan independen adalah seseorang dengan sertifikasi perencana keuangan yang telah diakui, dengan misi membantu klien untuk mencapai tujuan keuangannya secara khusus ataupun membantu meningkatkan literasi masyarakat mengenai perencanaan keuangan secara umum.  Independen berarti tidak terikat dengan produk keuangan apapun.  Yang artinya, independent financial planner sangat berbeda dengan product planner.  

 

Product planner akan memberikan solusi dengan menawarkan produk keuangan yang mereka jual.  Sedangkan perencana keuangan independen memberikan cara dan solusi bagi masalah keuangan klien dan memberikan beberapa rekomendasi produk keuangan sebagai solusi, baik itu tabungan, asuransi, ataupun produk investasi.  Pilihan produk ada di tangan klien.

 

Lalu darimana perencana keuangan mendapat komisi?  Berbeda dengan product planner yang mendapat komisi dari produk yang dijualnya, perencana keuangan mendapat komisi murni dari klien atas jasa merencanakan keuangan klien.  Hal ini membuat keuntungan tersendiri, yaitu produk rekomendasi dari perencana keuangan independen bersifat obyektif, memiliki lebih banyak pilihan, dan diberikan/direkomendasikan sesuai dengan profil resiko dan kebutuhan klien, tidak merekomendasikan berdasarkan komisi/fee yang diterima dari penjualan produk.

 



 

Untuk menggunakan jasa perencana keuangan independen, tentu Anda harus terbuka dan jujur mengenai kondisi keuangan saat ini, juga tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai.  Akan ada proses pengumpulan data dimana data yang dibutuhkan harus diberikan secara rinci.  Soal biaya, ada berbagai metode yang digunakan perencana keuangan untuk menetapkan tarif.  Ada yang melihat dari besarnya aset, ada yang melihat dari tingkat kesulitan kasus, ada juga yang menetapkan harga untuk paket-paket perencanaan keuangan.  Dengan demikian, biayanya berbeda-beda untuk setiap orang, namun dapat dipastikan para perencana keuangan menetapkan tarif yang mampu dibayar oleh kliennya dengan melihat data-data keuangannya.

 

Mahal?  Mahal itu relatif.  Perencana keuangan akan membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda pada masa yang akan datang.  Apa artinya tarif yang Anda bayar sekarang apabila di masa depan nanti Anda bisa menyekolahkan anak ke luar negeri?  Atau naik haji dengan seluruh anggota keluarga?  Atau bisa memiliki rumah/kendaraan impian?  Dan jangan lupa ketenangan batin yang diperoleh jika Anda mengetahui bahwa keuangan keluarga Anda sehat dan mampu mencapai tujuan dan impian Anda di masa depan.

 

Tunggu apa lagi, hubungi perencana keuangan independen dan raih masa depan cemerlang sekarang juga! 😉

By | 2018-03-07T15:38:59+00:00 January 30th, 2014|Categories: Keuangan Keluarga|4 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

4 Comments

  1. sigit May 27, 2015 at 7:04 pm - Reply

    bisakah saya minta bantuan anda untuk planning keuangan saya?

    pm plis

    • Annissa June 1, 2015 at 3:39 pm - Reply

      Yth Bpk Sigit,
      pm sudah saya kirim.
      terimakasih.

  2. Meilani July 3, 2016 at 2:41 pm - Reply

    Assalamualaikum Ibu Nisye,
    Salam kenal,
    Bu, apakah ada syarat minimum pendapatan untuk menjadi klien Ibu?
    Haturnuhun Bu

    Oya, Taqabbalallahu minna wa minkum

    • nengnisye July 28, 2016 at 2:29 pm - Reply

      Waalaikumsalam mbak Meilani, tidak ada syarat minimum pendapatan kok.
      Taqabbalallahu minna wa minkum 🙂

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.