Jangan Menikah Dulu Sebelum Tau Yang Ini!

/, Keuangan Pribadi/Jangan Menikah Dulu Sebelum Tau Yang Ini!

Jangan Menikah Dulu Sebelum Tau Yang Ini!

Jangan Menikah DuluJadi dalam waktu dekat ini Anda akan menikah? Selamat yaaa, sebentar lagi akan menempuh hidup baru. Eh tapi tunggu dulu. Anda sudah tau sifat pasangan Anda, tapi apakah Anda tau mengenai kebiasaan keuangannya?

 

Menikah berarti mempersatukan dua kepala, dua pemikiran, dan dua ego dalam satu rumah. Dengan ikatan perkawinan maka mau tidak mau hampir semua aspek harus didiskusikan berdua dengan pasangan. Soal keuangan rumah tangga kadang luput dari perhatian kedua pihak baik (calon) suami atau (calon) istri, karena umumnya keduanya disibukkan dengan mempersiapkan biaya pernikahan atau biaya resepsi. Padahal diskusi mengenai biaya pernikahan sendiri bisa dijadikan “pembukaan” untuk bicara tentang keuangan rumah tangga.  Apa saja sih yang perlu dibicarakan soal keuangan sebelum menikah?

 

  • Gaji (dan sumber penghasilan)
    Soal uang memang sensitif, termasuk gaji. Namun karena Anda berdua akan menikah, keterbukaan soal uang menjadi hal yang wajib diketahui kondisinya oleh kedua pihak. Dengan mengetahui gaji dan sumber penghasilan pasangan dan sebaliknya, setidaknya sudah terbuka pintu kerjasama keuangan saat berumahtangga nanti.

 

  • Hutang
    Tidak cuma soal gaji, hutang pun menjadi hal yang penting dikemukakan sebelum menikah. Jangan sampai ada pihak yang merasa tertipu jika setelah menikah baru diberitahukan soal hutang. 

 

  • Kebiasaan keuangan
    Hal ini bisa saja Anda “baca” di pasangan Anda saat masa pacaran, tapi ada baiknya Anda tanyakan langsung. Contoh kebiasaan keuangan ini adalah bagaimana pasangan Anda membelanjakan uangnya saat di mall, saat membayar makan bersama, atau saat teman/keluarganya butuh bantuan finansial.

 

  • Kondisi keluarga yang terkait ekonominya
    Ingat saat menikah nanti, keluarganya akan menjadi keluarga Anda dan juga sebaliknya. Apakah pasangan Anda masih membiayai keluarganya, misalnya membayar biaya kuliah keponakannya, atau membiayai kehidupan adiknya dan lain sebagainya. Bicarakan bagaimana hal ini akan berlangsung setelah menikah nanti.

 

  • Rencana pengaturan keuangan keluarga
    Pengaturan keuangan keluarga misalnya siapa yang akan membayar untuk cicilan/kontrak rumah, siapa yang akan menabung untuk persiapan dana melahirkan, atau berapa besar gaji suami yang akan diberikan ke istri sebagai uang istri atau uang belanja, dan lain sebagainya. 

 

Bicara tentang keuangan memang masih dipandang tabu, tapi bukan berarti Anda bisa tutup mata dan menganggap pasangan Anda akan mengurus semua hal tentang keuangan rumah tangga meskipun secara finansial (baik Anda ataupun pasangan) mampu. Terkadang bukan masalah angkanya, namun kondisi emosi dan psikologis. Jika Anda benar-benar peduli dan mencintai pasangan Anda dan kehidupan rumah tangga Anda ke depannya –termasuk mempersiapkan kemungkinan terjadinya resiko-resiko yang tidak diinginkan–, maka hindari gengsi dan turunkan ego untuk bersama membangun rumah tangga dengan pondasi keuangan yang kuat.

By | 2016-02-22T14:26:18+00:00 February 25th, 2016|Categories: Keuangan Keluarga, Keuangan Pribadi|2 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

2 Comments

  1. Fiona July 15, 2016 at 9:14 pm - Reply

    Mbak, nanya dong… investasi property vs reksadana itu bagaimana? Mohon pencerahannya, Terima kasih

    • nengnisye July 28, 2016 at 2:29 pm - Reply

      Halo mbak Fiona, terimakasih pertanyaannya. Saya akan jawab di artikel yaa. Tunggu di website ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.