Jadi, Asuransi Apa yang Bagus?

/, Konsultasi/Jadi, Asuransi Apa yang Bagus?

Jadi, Asuransi Apa yang Bagus?

Sebuah pertanyaan masuk ke inbox saya: “Mbak, apakah asuransi XXX bagus?”

Saya tersenyum membaca pertanyaan itu. Tentunya mencari asuransi yang bagus adalah pertanyaan banyak orang, mungkin juga pertanyaan Anda. Apalagi dengan membaca kesalahan membeli asuransi di artikel ini dan lanjutannya di artikel ini, bisa jadi Anda tambah bingung. Nah saya sarankan baca dulu artikel cara memilih asuransi yang cocok dan memilih asuransi kesehatan. Sudah?

Apa parameter “bagus” menurut Anda?

Apakah asuransi yang bagus menurut Anda adalah: yang pakai sistem kartu (cashless), atau justru reimburse, atau yang agennya cepat merespon Anda, atau yang bekerjasama dengan rumah sakit dekat rumah, atau bagaimana? Setiap orang tentu punya pendapat masing-masing. Soal agen, tentunya itu juga kembali kepada agen masing-masing. Bisa jadi kan, 2 agen yang sama-sama di satu perusahaan asuransi berbeda menangani nasabahnya: yang satu bertanggungjawab, yang lain menghilang segera setelah Anda menerima polis. Tentukan apa parameter bagus menurut Anda, dan caritahu apakah asuransi tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.

Hal itu tentu butuh sedikit riset. Sama halnya ketika Anda mendengar cerita dari kerabat Anda soal rumah sakit A dalam menangani pasien lebih buruk daripada rumah sakit B. Tentu ini akan mempengaruhi opini Anda, jika ada keluarga yang sakit Anda akan cenderung memilih RS B daripada A yang paling dekat ke rumah. Testimoni seperti ini juga bisa Anda cari di internet. Tentu semua ada kelebihan dan kelemahannya, cari mana kelemahan yang bisa Anda tolerir.

Kami sebagai financial planner memilih asuransi bagi klien tentu yang sesuai kebutuhan dan kondisi. Apakah Anda sudah tau benar kebutuhan dan kondisi saat ini seperti apa?

Contoh. Anda SUDAH tau bahwa Anda butuh uang pertanggungan Rp 1.25 M (dari perhitungan kebutuhan asuransi), dan butuh asuransi kesehatan untuk semua anggota keluarga, tapi masih ada asuransi dari kantor. Per bulan/semester/tahun Anda mampu membayar premi sekian rupiah.

Baru setelah Anda mengetahui kebutuhan dan kondisi seperti di atas, lakukan perbandingan produk satu dan lainnya. Ini juga butuh riset. Teman/keluarga Anda mungkin ada yang agen asuransi, mintalah beberapa ilustrasi dari beberapa perusahaan asuransi untuk kebutuhan Anda. Dari beberapa ilustrasi itu Anda bisa membedakan, apa saja kelebihan/kekurangan masing-masing produk.

Jadi, untuk mencari asuransi yang bagus, PR Anda banyak ya? 😀

Nah demikian juga dengan kami. Sebagai perencana keuangan, kami tidak bisa langsung menjawab merk asuransi apa yang bagus. Sama seperti dokter yang ditanya, “Dok, kayaknya saya demam nih. Obat demam yang bagus apa ya dok?” tentu saja dokter tidak bisa langsung meresepkan obat tanpa memeriksa pasien terlebih dahulu dan mengetahui kondisi-kondisinya. Bahkan jika perlu, tes darah dulu supaya ketahuan penyakit apa dan penanganannya bagaimana. Jika langsung meresepkan obat, bisa bahaya.

Merk asuransi sama dengan analogi obat di atas. Merk asuransi yang bagus DAN cocok untuk kebutuhan setiap orang tentu berbeda-beda. Perusahaan asuransi  A yang saya pakai, belum tentu cocok dengan Anda, atau dengan klien-klien saya. Untuk mengetahui kebutuhan asuransi, dibutuhkan data keuangan dan non keuangan. Data keuangan seperti: penghasilan, pengeluaran, tabungan, investasi, aset dan lain-lain. Data non keuangan seperti: kondisi keluarga, jumlah tanggungan, kesehatan, perokok/non perokok, hobi, pekerjaan dan lain sebagainya. Dari data-data tersebut barulah kami bisa menganalisis kebutuhan asuransi masing-masing individu.

Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan riset sendiri, silakan hubungi kami, kami akan carikan asuransi yang bagus (sesuai kebutuhan Anda). Dengan biaya konsultasi yang terjangkau, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk asuransi untuk Anda beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing 🙂

Selamat berburu asuransi!

By | 2015-05-19T12:36:29+00:00 May 18th, 2015|Categories: Asuransi, Konsultasi|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.