Diskon Akhir Tahun, Hati-hati Kalap

//Diskon Akhir Tahun, Hati-hati Kalap

Diskon Akhir Tahun, Hati-hati Kalap

Di penghujung tahun biasanya banyak sekali diskon.  Coba datang saja ke mall, gerai mana yang nggak memajang poster diskon besar-besar dengan tulisan merah mulai dari 20% off, up to 50% off, bahkan ada yang up to 70% off!  Selain diskon, ada  juga promo-promo dengan kartu kredit tertentu, ada buy one get one, cashback, dst.  Tidak ketinggalan dengan mall, ternyata hari ini 12 Desember adalah hari Belanja Online Nasional dimana banyak online shop menggelar diskon besar-besaran.

 

Lalu, bagaimana menyikapi diskon-diskon yang sangat menarik ini supaya kantong tidak bolong? 😀

Pernahkah Anda perhatikan, dalam 1 tahun selalu ada masa-masa diskon.  Misalnya diskon back to school, diskon puasa/lebaran, ada summer sale, spring sale, end year sale, Jakarta Great Sale, dsb.  Semua ada siklusnya dan bisa ditebak.  Misalnya Jakarta Great Sale biasanya bulan Juni-Juli, back to school sekitar Juli-Agustus, end year sale pastinya bulan Desember.  Nah mulai sekarang Anda bisa targetkan kira-kira di bulan apa Anda ingin memanfaatkan diskon-diskon tersebut.  Misalnya untuk belanja furnitur rumah tangga atau hal-hal lain yang memang diperlukan.  Tabung per bulan dalam rekening terpisah, dan ambil saat diskon incaran tiba.  Anda bisa beli banyak barang yang dibutuhkan dengan harga  yang benar-benar murah.  Selain itu, belanja dengan uang yang sudah tersedia memang lebih plong rasanya dibanding membayar dengan kartu kredit.

 

Terlalu jauh?  Mari kita coba lihat kesempatan saat ini.  Untuk memanfaatkan diskon yang ada sekarang, ingat-ingat lagi barang apa yang memang dibutuhkan.  Misalnya sudah saatnya ganti tas kerja, perlu pakaian untuk bertemu klien, atau harus ganti sepatu karena sudah mau rusak.  Jika memang sudah dibutuhkan biasanya tidak butuh waktu lama untuk mengingat-ngingatnya.  Jika hanya browsing-browsing atau window shopping/melihat-lihat saja, berarti memang tidak ada barang yang Anda butuhkan.  Hati-hati membeli barang secara impulsif.

 

harga diskonSebelum belanja barang diskon, Anda harus tahu persis perkiraan harga barang tersebut sebelum diskon.  Ini untuk menghindari adanya permainan harga, dimana harga dinaikkan terlebih dulu lalu didiskon.  Misalnya, harga sebuah blus wanita di department store Z memiliki range harga 129rb – 159rb.  Jangan terkecoh jika diberi label harga misalnya Rp 229.000 dicoret dan diganti Rp 129.000.  Label/tag harga dicoret memang memberikan efek yang sangat manjur membuat orang percaya penurunan harganya.

 

Gunakan kartu debit untuk berbelanja langsung atau pilih opsi transfer untuk pembelian barang online.  Hindari menggunakan kartu kredit.  Mungkin Anda berpikiran bahwa akhir bulan akan Anda bayar, tapi pertimbangkan lagi jika datangnya akhir bulan masih lama.  Besar kemungkinan uang yang tadinya Anda akan alokasikan untuk membayar belanjaan Anda akan habis terpakai untuk hal-hal lain sebelum tagihan kartu kredit Anda bayar.

 

Terakhir, cek rekening Anda.  Jika memang ada budget berlebih (tentunya setelah terlebih dahulu menabung untuk dana darurat dan berinvestasi), silakan nikmati diskonnya 🙂

 

Financial planning is about balancing today and the future.

 

 

preview pic dari sini

By | 2013-12-12T09:09:43+07:00 December 12th, 2013|Categories: Keuangan Pribadi|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.