Dana Darurat

Dana Darurat

Dalam mengatur keuangan, dana darurat memegang peranan penting.  Dana darurat adalah tabungan cash Anda saat ini yang dikumpulkan dengan tujuan “uang cadangan”/”jika ada apa-apa”.  Banyak orang menyepelekan keberadaan dana darurat ini, padahal uang inilah yang akan menyelamatkan Anda dari hutang, entah itu hutang kartu kredit/KTA/hutang kepada keluarga/teman.

 

Dana darurat merupakan prioritas utama yang tidak dapat ditunda pengumpulannya, karena keadaan darurat dapat terjadi kapan saja.  Keadaan darurat contohnya PHK, biaya rumah sakit (jika asuransi yang dimiliki bersifat reimburse, biasanya asuransi kantor atau asuransi yang tidak menggunakan kartu), biaya dokter (yang dianggap rawat jalan), kematian keluarga dekat, kehilangan gadget/reparasi gadget penting, kemalingan/kerampokan, tabrakan kendaraan, dan lain sebagainya.  Jika dana darurat belum terbentuk, maka Anda belum dianjurkan untuk berinvestasi.   Dana darurat juga harus dipisahkan dari tujuan lain, misalnya dana pendidikan anak, dana pembelian properti dan lain sebagainya.  Kesalahan keuangan yang sering terjadi, satu tabungan digunakan untuk berbagai tujuan.

 

Penyimpanan dana darurat bisa di tabungan, deposito, atau logam mulia.  Ketiganya termasuk likuid, prosesnya mudah dan cepat dicairkan.  Jika Anda sudah berkeluarga, beritahukan kepada pasangan Anda supaya dia juga bisa mengakses dana darurat jika terjadi sesuatu kepada Anda.

 

Berapa jumlah dana darurat yang dibutuhkan?  Untuk Anda yang belum menikah, dana darurat minimal jumlahnya 3 kali dari pengeluaran bulanan.  Bagi yang sudah menikah namun belum memiliki tanggungan, jumlah dana darurat adalah 6 kali pengeluaran (keluarga) bulanan, bukan pengeluaran masing-masing.  Bagi yang sudah memiliki 1-2 anak, jumlah dana darurat adalah  9-12 kali pengeluaran bulanan.

 

Jika Anda (belum menikah) memiliki penghasilan Rp 5 juta sebulan dengan pengeluaran Rp 4,5 juta sebulan.  Maka jumlah total dana darurat yang harus Anda kumpulkan adalah 4,5 juta x 3 = Rp 13,5 juta.  Jumlah ini memang terlihat besar dibandingkan penghasilan, namun jika Anda bisa menyisihkan Rp 1 juta sebulan, maka dalam waktu setahun lebih 1 bulan akan terkumpul.

 

Tips: mengumpulkan dana darurat yang butuh disiplin dapat menggunakan fasilitas autodebet di bank dari rekening penghasilan.  Set waktunya untuk 1 tahun dan jumlah sekitar 10-15% dari penghasilan bulanan.  Dalam 1 tahun meskipun belum full, setidaknya Anda sudah memiliki cadangan dana.

By | 2013-12-11T04:38:44+00:00 October 9th, 2013|Categories: Keuangan Keluarga, Keuangan Pribadi|Tags: |2 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

2 Comments

  1. dewi March 23, 2015 at 10:35 am - Reply

    Mksh artikelnya. Sy mau tanya, apakah cicilan angsuran mobil atau rumah atau spd motor termasuk dalam pengeluaran bulanan keluarga? Ada lagi cicilan2 lain sperti kartu kredit atau cicilan lainnya. Trm kasih.

    • annissa May 21, 2015 at 5:53 pm - Reply

      Halo mbak Dewi, terimakasih pertanyaannya.
      Cicilan yang dibayarkan setiap bulannya, termasuk diantaranya cicilan mobil, rumah, kartu kredit ataupun cicilan lainnya, termasuk dalam pengeluaran bulanan keluarga.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.