Asuransi atau Investasi?

/, Cara Investasi/Asuransi atau Investasi?

Asuransi atau Investasi?

Asuransi atau InvestasiTernyata masih banyak yang suka keliru mengenai asuransi dan investasi. Coba angkat tangan apabila Anda setuju dengan salah satu atau beberapa dari pernyataan berikut ini.

  • Anda membeli asuransi untuk mempersiapkan pendidikan anak Anda
  • Anda membeli asuransi untuk mempersiapkan pensiun
  • Investasi hanya bagi orang yang memiliki banyak uang
  • Anda membeli asuransi karena dijanjikan uangnya akan kembali di tahun ke sekian
  • Investasi itu ribet!
  • Asuransi itu ribet!

Nah apabila Anda setuju dengan salah satu atau beberapa pernyataan di atas, berarti besar kemungkinan Anda belum mengerti apa itu konsep dasar asuransi dan investasi 🙂 Atau jangan-jangan Anda juga melakukan 7 kesalahan membeli asuransi ini?

 

Tanpa bicara mengenai jenis produk, mari kita pelajari apa itu asuransi. Asuransi adalah proteksi. Proteksi dari segala macam resiko yang bisa mengancam keuangan Anda. Contohnya, resiko sakit. Bukan berarti asuransi melindungi seseorang supaya tidak kena sakit, tapi asuransi kesehatan akan melindungi dari membayar tagihan rumah sakit yang membludak dan cukup menguras kantong, apabila sakitnya ternyata mengharuskan seseorang dirawat di rumah sakit.

Ada lagi, asuransi jiwa. Asuransi jiwa sebenarnya bukan mengasuransikan jiwa seseorang, tapi melindungi dari resiko finansial yang mungkin terjadi kepada orang yang bergantung finansial apabila seseorang meninggal. Contohnya, sebuah keluarga dimana sang Bapak adalah tulang punggung keluarga, penopang ekonomi keluarga dan Ibu adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja/tidak memiliki penghasilan, dan anak-anak yang masih kecil/sekolah/belum mandiri. Apabila Bapak meninggal, maka Ibu dan anak-anak akan kehilangan sumber penghasilan sehingga harus menurunkan standar hidup bahkan bisa jadi anak-anak putus sekolah. Asuransi jiwa melindungi nilai ekonomis dari sang Bapak, apabila Bapak telah diasuransikan jiwanya maka ketika Bapak meninggal, Ibu dan anak-anak dapat bertahan hidup dari uang pertanggungan (UP).

Asuransi lain misalnya asuransi kendaraan, asuransi kebakaran, dan lain sebagainya. Asuransi kendaraan mengganti kerugian apabila kendaraan rusak/hilang, asuransi kebakaran mengganti kerugian apabila rumah/properti dari kebakaran. Dan lain sebagainya.

 

Investasi, menurut KBBI adalah penanaman modal di suatu perusahaan, namun pengertian investasi dalam perencanaan keuangan, investasi adalah usaha untuk mencapai tujuan keuangan terutama di jangka waktu menengah dan jangka waktu panjang. Dalam perencanaan keuangan, investasi bisa diibaratkan sebagai tabungan NAMUN investasi memiliki return dan resiko. Tabungan, seperti kita ketahui adalah produk perbankan yang aman dan dijamin oleh LPS. Jika kita menabung tentu kita tidak bisa mengharapkan bunga tabungan karena nilainya sangat kecil, belum lagi biaya administrasi rekening bulanan yang dipotong dari saldo tabungan kita. Bedanya dengan tabungan, dalam investasi kita bisa menargetkan uang kita untuk tumbuh lebih dari inflasi tergantung dari investasi apa yang kita pilih. Tapi hati-hati, selain uang kita bisa bertumbuh juga uang kita beresiko untuk berkurang bahkan hilang.

Investasi ribet? Tidak juga ketika ilmunya sudah Anda kuasai. Investasi sangat beresiko, namun ketika sudah tahu resikonya dan sudah memiliki “bantalan” untuk melindungi dari resiko investasi, investasi justru sangat dianjurkan terutama untuk tujuan keuangan seperti dana pendidikan anak dan dana pensiun. Investasi pun saat ini bukan hanya milik orang-orang yang memiliki uang jutaan/puluhan juta ke atas, namun investasi bisa dimulai dengan Rp 100.000 per bulan.

 

Asuransi dan investasi adalah dua hal yang sangat berbeda. Ibaratnya Anda naik kendaraan (motor atau mobil) untuk menuju ke suatu tempat. Asuransi adalah perlindungan Anda: helm, sepatu, pakaian yang aman, cara berkendara yang hati-hati (motor) atau memakai seatbelt, mengunci pintu, memiliki mobil yang ada airbag-nya (mobil) dan tidak lupa membawa SIM & STNK! Investasi, adalah cara Anda untuk menuju ke tempat tujuan Anda: apakah lewat jalan tol, atau jalan biasa, pilih rute A atau rute B tergantung dari kondisi jalanan apakah macet atau tidak. Klik untuk tau investasi apa yang cocok untuk Anda.

 

Manakah yang lebih penting antara asuransi atau investasi? Keduanya penting! Jangan melaju tanpa perlindungan, tapi juga jangan memakai helm lalu diam di tempat 😀

 

Oya satu hal lagi yang penting: sebaiknya tidak mencampuradukkan antara asuransi dan investasi. Keduanya memang diperlukan, tapi Anda akan memperoleh perlindungan maksimal dari asuransi murni, dan Anda juga akan memperoleh return maksimal apabila investasi dipisah dari asuransi. Mengapa? Akan kita bahas di artikel lain ya.

By | 2016-04-11T14:10:03+00:00 March 10th, 2016|Categories: Asuransi, Cara Investasi|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.