Apakah Investasi yang Cocok untuk Saya?

//Apakah Investasi yang Cocok untuk Saya?

Apakah Investasi yang Cocok untuk Saya?

Pertanyaan di atas sering sekali terdengar terutama pada diskusi/talkshow mengenai perencanaan keuangan yang membahas investasi.

“Investasi yang cocok” untuk setiap orang berbeda-beda.  Tidak ada saran/rekomendasi produk investasi yang sama persis antara individu yang satu dengan yang lainnya karena banyak faktor yang menentukan, beberapa di antaranya adalah:

  1. Profil resiko
  2. Jangka waktu
  3. Target dana
  4. Prioritas/tujuan keuangan
  5. Kondisi/latar belakang

Meskipun faktor-faktor di atas membuat perbedaan, namun secara umum ada dua faktor yang sangat menentukan, yaitu jangka waktu dan target dana.  Jangka waktu terbagi menjadi 3: pendek, menengah dan panjang.  Jangka waktu ini menentukan tingkat resiko dan return yang dapat diambil.

  1. Jangka pendek. Karena waktu yang singkat, maka rekomendasi produknya adalah yang memiliki resiko sangat rendah, dan otomatis returnnya pun rendah juga.
  2. Jangka menengah. Rekomendasi produk investasi untuk jangka menengah adalah produk yang resiko dan returnnya nya lebih tinggi dari jangka pendek.
  3. Jangka panjang. Rekomendasi produk investasi untuk jangka panjang ini adalah produk yang memiliki resiko tinggi sehingga returnnya pun tinggi.  Semakin panjang jangka waktu, tingginya resiko dapat diminimalisir.

Resiko dan return pada produk investasi selalu sebanding, resiko rendah maka return rendah, demikian pula sebaliknya jika resiko tinggi maka returnnya pun tinggi.  Beberapa investor terkadang melupakan hal ini dan menginginkan return setinggi-tingginya tanpa melihat resiko.  Padahal, investasi terutama di pasar modal, sangat berfluktuasi.  Akibatnya, saat waktunya tiba untuk memakai dana yang telah diinvestasikan justru pada saat investasi sedang mengalami penurunan sehingga target dana tidak tercapai.  Seperti yang sudah dibahas pada artikel investasi sebelumnya, investasi bukanlah solusi instan dan perlu waktu untuk mencapai hasilnya.

 

Berinvestasi pada produk beresiko tinggi dapat dilakukan jika investor mengetahui resikonya, misalnya produk investasi  yang dapat mencapai return 50% per tahun dapat mengalami resiko penurunan hingga 80% per tahun.  Investor seperti ini pastinya harus menguasai produk investasi yang dimilikinya dan dalam kondisi siap invest, yaitu: memiliki dana darurat, proteksi, dan bebas hutang  konsumtif.

 

Profil resiko investor dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Konservatif: orang dengan kategori konservatif lebih memilih untuk menginvestasikan uangnya di instrumen investasi dengan resiko yang sangat rendah karena lebih memilih unsur “keamanan”.  Biasanya orang konservatif belum banyak mengetahui tentang investasi dan lebih takut uangnya akan hilang.
  2. Seimbang: orang dengan profil resiko ini dapat menerima resiko yang sedikit lebih tinggi dari konservatif.
  3. Agresif: orang dengan profil resiko agresif umumnya telah mengerti apa dan bagaimana cara berinvestasi sehingga dapat memilih produk yang resiko dan returnnya lebih tinggi.

Profil resiko ini dapat berubah jika investor semakin bertambah pengetahuannya tentang investasi.  Seseorang yang tadinya berprofil konservatif dapat berubah menjadi seimbang bahkan agresif jika sudah mengerti dan dapat menanggung resiko investasi untuk return yang lebih besar.

 

Dengan beragamnya kondisi, tujuan, prioritas dan profil resiko masing-masing maka pastinya rekomendasi produk berbeda-beda juga untuk setiap individu.

 

By | 2016-03-10T18:14:37+00:00 October 15th, 2013|Categories: Cara Investasi|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.