Apa Sih Perencana Keuangan Independen Itu?

/, Keuangan Pribadi, Konsultasi/Apa Sih Perencana Keuangan Independen Itu?

Apa Sih Perencana Keuangan Independen Itu?

Perencana Keuangan Independen Apa yang terlintas di kepala Anda ketika mendengar kata Perencana Keuangan? Hmm mungkin beberapa di antara Anda teringat profesi agen asuransi, tapi di artikel ini kita tidak membahas agen asuransi 🙂

 

Perencana keuangan INDEPENDEN adalah profesi yang membantu Anda untuk mengatur keuangan. Iya, profesi semacam ini ada loh. Sepuluh tahun ke belakang, keuangan mungkin masih dipandang sebagai hal yang tabu dan sangat pribadi. Namun semakin maju zaman, semakin tinggi inflasi, kenaikan harga barang, dan juga semakin banyak produk keuangan yang ada membuat masyarakat semakin sadar perlunya merencanakan keuangan: mengatur keuangan untuk saat ini dan mencapai tujuan keuangan di masa yang akan datang.

 

Lalu, apa saja kerjaannya perencana keuangan/financial advisor/financial planner ini? Perencana keuangan memberikan advice/saran/solusi dari permasalahan keuangan yang dihadapi klien. Contoh, klien ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, dan ingin memastikan uangnya cukup untuk membiayai anak-anaknya hingga lulus kuliah. Perencana keuangan akan menyusun plan (rencana) bagaimana si klien bisa membiayai pendidikan anak-anaknya: dari survey biaya sekolah, menyusun budget, menghitung investasi, mencari produk investasi yang cocok dengan profil resiko klien, bahkan hingga mendampingi klien melakukan investasinya.

 

Contoh lain lagi. Klien memiliki beberapa polis asuransi yang ingin dicek apakah sudah sesuai dengan kebutuhannya. Perencana keuangan dapat merumuskan kebutuhan klien, menghitung berapakah uang pertanggungan yang seharusnya dimiliki klien, baru memeriksa polis yang dimiliki apakah sudah cocok ataupun perlu asuransi pengganti. Apabila perlu, perencana keuangan akan mencarikan rekomendasi produk beserta agen asuransi yang dapat diandalkan.

 

Tidak hanya itu saja, perencana keuangan juga bisa membantu klien agar bebas dari belitan hutang, mengatur cashflow bulanan, mencapai tujuan-tujuan keuangan lain seperti: perencanaan pensiun, pembelian properti, kendaraan, ibadah haji, juga masalah keuangan baik di dalam keluarga ataupun perceraian, bahkan masalah warisan dan pajak.

 

Perencana keuangan independen TIDAK MENJUAL PRODUK keuangan. Perencana keuangan independen menghasilkan uang dari memberikan saran dan membuat perencanaan keuangan untuk klien. Perencana keuangan memberikan beberapa rekomendasi produk investasi yang sesuai, namun pemilihan produk investasi tetap berada di tangan klien. Sehingga, saran dan rekomendasi produk yang diberikan oleh perencana keuangan independen bersifat OBYEKTIF (berdasarkan kebutuhan klien).

 

Konsultasi keuangan bukan berarti Anda punya masalah keuangan, namun justru membuktikan bahwa Anda sudah semakin peduli terhadap keuangan Anda, dan juga masa depan keluarga Anda. Selain itu, Anda tidak perlu membuang waktu dan uang dengan memilih produk keuangan yang salah, karena perencana keuangan independen sudah tentu memilihkan produk keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, bukan karena mengejar fee penjualan produk. 

 

Berapakah biaya untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan independen? Silakan klik ini untuk membaca artikelnya. 

 

Bagaimana mencari perencana keuangan independen yang terpercaya dan berpengalaman? Silakan membuka web www.AAMandAssociates.com untuk mencari tahu lebih banyak 🙂 

By | 2016-04-11T16:44:19+00:00 April 21st, 2016|Categories: Keuangan Keluarga, Keuangan Pribadi, Konsultasi|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.