Apa Itu Reksadana? (2)

///Apa Itu Reksadana? (2)

Apa Itu Reksadana? (2)

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai konsep reksadana, di artikel ini akan dibahas hal-hal apa saja yang perlu diketahui tentang reksadana.

 

Manajer Investasi (MI) mengelola reksadana dengan mentraksasikan uang yang terkumpul di wadah (reksadana) tersebut di bursa, dengan cara membelikannya saham dan obligasi.  Saham dan obligasi apa saja yang dibeli?  Sahamnya pastilah saham dari perusahaan yang terdaftar di bursa, sementara obligasinya bisa obligasi swasta atau pemerintah.  Setiap MI memiliki pilihan mereka masing-masing, namun masyarakat sebagai investor dapat melihat informasi ini di fund fact sheet atau prospektus.  Investor dapat melakukan pemilihan produk reksadana berdasarkan dimana saja MI menempatkan dana dalam reksadana tersebut.

 

Fund fact sheet reksadana adalah satu (1) lembar laporan singkat dari manajer investasi mengenai produk reksadana mereka.  Fund fact sheet umumnya berisi data singkat mengenai MI, berapa aset yang mereka kelola, dan info reksadana: tanggal reksadana diluncurkan, NAB, siapa bank kustodiannya, biaya pembelian, pencairan dan perpindahan, grafik pertumbuhan dan perbandingannya dengan benchmark, tabel pertumbuhan (dalam %), juga komponen-komponen saham & obligasi utama.  Fund fact sheet ini diperbarui setiap bulan.  Fund fact sheet dapat diperoleh di website masing-masing MI dan di agen penjual reksadana.

 

Prospektus reksadana adalah buku informasi seputar manajer investasi terutama reksadana.  Prospektus berisi daftar istilah, reksadana, manajer investasi, bank kustodian, tujuan dan kebijakan investasi, perpajakan, resiko, hak-hak investor, pembubaran dan likuidasi, tata cara pembelian dan laporan keuangan.  Investor WAJIB membaca dan mengerti isi prospektus reksadana sebelum berinvestasi di reksadana.  Agen penjual akan memberikan form pernyataan yang berisi bahwa investor sudah membaca dan mengerti prospektus sebelum bertransaksi.  Prospektus juga dapat didownload di website MI dan bisa didapatkan di agen penjual reksadana secara gratis.

 

“Jika saya membeli reksadana, apakah yang saya dapatkan?”

Satuan reksadana adalah unit.  Harga per unit reksadana disebut dengan NAB (Nilai Aktiva Bersih).  Contoh: jika NAB reksadana yang ingin dibeli misalnya Rp 5.ooo dan Anda membeli senilai Rp 100.000 maka Anda mendapatkan 20 unit.  Saat awal suatu reksadana diluncurkan, NABnya selalu dimulai dari angka Rp 1000.  Dengan pengelolaan yang baik dari MI, maka NAB reksadana akan mengalami kenaikan.  Namun bisa juga mengalami penurunan dan berfluktuasi, tergantung dari banyak kondisi: saham & obligasi yang ada, kondisi ekonomi, dan politik yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Manajer Investasi diharuskan memberi pembaruan (update) NAB setiap hari oleh BAPEPAM-LK.  Dengan transaksi yang terjadi selama satu hari, NAB akan berbeda setiap hari.  Tenggat waktu dikeluarkannya pembaruan NAB oleh MI adalah pukul 19.00 WIB pada hari bursa, sehingga publikasinya baru dapat dilihat keesokan harinya.  Bagi investor, ada batas waktu (cut off time) pembelian reksadana, yaitu jika pembelian reksadana dilakukan sebelum pukul 13.oo WIB maka investor akan mendapatkan NAB yang berlaku hari itu, yaitu yang keluar pukul 19.00 WIB.  Sedangkan jika pembelian reksadana dilakukan setelah pukul 13.00 WIB, maka investor akan mendapatkan NAB yang berlaku di hari berikutnya.  Publikasi NAB harian dapat dilihat di website masing-masing MI, harian Kontan atau website Infovesta.

 

Contoh:
A membeli reksadana dengan sejumlah Rp 300.000, transaksi pada pukul 10.00 WIB di hari Senin.
B membeli reksadana dengan jumlah Rp 310.000, transaksi pukul 13.20 pada hari yang sama.
Pukul 19.00 hari Senin, NAB reksadana adalah Rp 15.000.
C membeli reksadana sejumlah Rp 280.000, transaksi pada pukul 09.50 pada hari Selasa keesokan harinya.  Pukul 19.00 hari Selasa, NAB reksadananya adalah Rp 15.100.

Sehingga, masing-masing akan mendapatkan:
A: Rp 300.000/Rp 15.000 = 20 unit
B: Rp 310.000/Rp 15.100 = 20,530 unit
C: Rp 280.000/Rp 15.100 = 18,543 unit
A mendapatkan NAB hari Senin sedangkan B dan C mendapatkan NAB hari Selasa.

 

Meskipun NAB berfluktuasi, tidak masalah berapa harga NAB yang Anda dapatkan ketika membeli reksadana.  Yang penting, perhatikan kenaikannya, apakah kenaikannya sesuai dengan tujuan investasi yang ingin Anda capai.  Evaluasi reksadana Anda 6 bulan – 2 tahun sekali, lihat kondisinya saat ini di fund fact sheet.  Hindari membeli reksadana karena ikut-ikutan/”hanya supaya punya”, karena seperti investasi lainnya: investasi di reksadana pun memiliki resiko.  Resiko fluktuasi reksadana ada yang kecil, menengah dan tinggi sesuai jenis-jenisnya.  Apa sajakah jenis-jenis reksadana?  Simak di artikel selanjutnya.

By | 2013-11-06T09:46:40+00:00 October 26th, 2013|Categories: Reksadana|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.