5 Alasan Kenapa Anda Harus Siapkan Pensiun Sekarang! (1)

/, Keuangan Pribadi/5 Alasan Kenapa Anda Harus Siapkan Pensiun Sekarang! (1)

5 Alasan Kenapa Anda Harus Siapkan Pensiun Sekarang! (1)

Siapkan Dana Pensiun Sekarang!

Pernahkah terbayang, jika saat ini gaji/penghasilan Anda sama sekali tidak ada, sedangkan fisik Anda sudah tidak mampu bekerja, dari mana Anda akan membayar biaya-biaya hidup (makan, tempat tinggal dst)?

Jika Anda berada di usia 20-30, kata “pensiun” terasa masih sangat jauh. Tapi yang tidak disadari adalah dengan rentang waktu yang cukup jauh hingga pensiun berarti masih banyak waktu untuk mempersiapkan dana pensiun agar mendapatkan masa pensiun yang nyaman.

Sebelum membahas alasan kenapa harus mempersiapkan dana pensiun sekarang, pengertian pensiun dapat berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang menganggap pensiun berarti sudah tidak bekerja karena mencapai batas usia produktif (umumnya 55-60 tahun di Indonesia). Bisa juga memilih untuk berhenti kerja padahal belum mencapai batas maksimal usia produktif, mungkin karena sudah punya pemasukan pasif atau bisnis (passive income) yang sudah bisa diandalkan sebagai pendapatan bulanan, umumnya disebut pensiun dini. Pensiun, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (www.kbbi.web.id) berarti: tidak bekerja lagi karena masa kerja sudah selesai.

Pengertian pensiun dalam artikel ini adalah tidak bekerja lagi karena masa kerja sudah selesai, atau mencapai usia pensiun/batas akhir usia produktif.

Lalu kenapa harus menyiapkan pensiun mulai dari sekarang?

1. Mitos ketika menghadapi masa pensiun adalah bahwa saat masa pensiun, pengeluaran akan berkurang. Ini disebabkan karena tidak bekerja berarti tidak ada biaya-biaya operasional seperti transportasi, makan siang di kantor, nongkrong/hang out bersama rekan kerja, beli pakaian kerja dan sebagainya. Namun kenyataan berkata lain. Menurut survey yang diadakan salah satu perusahaan asuransi, masyarakat Indonesia memperkirakan bahwa pengeluaran akan menurun 68% ketika masa pensiun sedangkan realita yang terjadi, justru pengeluaran saat masa pensiun hanya menurun sebanyak 6% saja dibandingkan sebelum pensiun. Ini berarti Anda akan hidup di masa pensiun dengan biaya yang kurang lebih sama dengan sebelum pensiun, bedanya adalah: tanpa pemasukan (aktif).

2. Angka harapan hidup orang Indonesia tahun 2010-2015 adalah 70,1 tahun. Angka ini naik dibandingkan tahun 1995-2000, dimana saat itu usia harapan hidup adalah 66,0 tahun (sumber). Jadi jika usia pensiun dimulai dari 55 tahun, ada rentang waktu 15 tahun masa pensiun. Jika saat ini usia Anda 30 tahun dan biaya hidup per bulan adalah Rp 5 juta, maka dengan inflasi konsumsi sebesar 12%, besarnya total dana yang dibutuhkan selama 15 tahun masa pensiun adalah Rp 22,1 milyar*.

Tapi, angka di atas belum memperhitungkan faktor-faktor lain yaitu: semakin majunya teknologi terutama di dunia kesehatan, dan naiknya tingkat kesejahteraan masyarakat. Apabila dalam 20 tahun terakhir usia harapan hidup naik sebanyak 4 tahun, (berarti secara hitungan kasar) 25 tahun ke depan usia harapan hidup bisa naik lebih dari 5 tahun. Hal ini berarti, semakin bertambahnya usia, maka kita diharapkan untuk hidup lebih lama. Hidup lebih lama, berarti lebih banyak biaya yang dibutuhkan.

Dengan ilustrasi di atas: jika saat ini usia Anda 30 tahun dan biaya hidup per bulan adalah Rp 5 juta, maka dengan inflasi konsumsi sebesar 12%, besarnya total dana yang dibutuhkan selama 20 tahun masa pensiun adalah Rp 34,8 milyar*. Besar sekali kan?

Masih ada beberapa alasan lagi kenapa Anda butuh menyiapkan masa pensiun mulai saat ini yang akan dibahas di artikel berikutnya, termasuk mengapa akan sulit jika Anda berencana bergantung hidup pada anak.
*: dengan asumsi dana selama pensiun disimpan di deposito dengan bunga return 6%

By | 2016-02-03T15:05:25+00:00 October 22nd, 2015|Categories: Keuangan Keluarga, Keuangan Pribadi|0 Comments

About the Author:

Annissa Sagita yang akrab dipanggil nengNisye saat ini adalah Perencana Keuangan/Associate Financial Advisor di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates). Meraih gelar S1 Teknik Elektro di Universitas Brawijaya, kini menemukan passionnya di bidang financial planning. Selain aktif menangani klien, mengajar kelas perencanaan keuangan dan menjadi narasumber di media, hobi menulisnya pun dituangkan melalui web ini.

Leave A Comment

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.

This Is A Custom Widget

This Sliding Bar can be switched on or off in theme options, and can take any widget you throw at it or even fill it with your custom HTML Code. Its perfect for grabbing the attention of your viewers. Choose between 1, 2, 3 or 4 columns, set the background color, widget divider color, activate transparency, a top border or fully disable it on desktop and mobile.